Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Begini Strategi Menyambut Period Bekerja Hybrid Di Masa Covid

Begini Strategi Menyambut Period Bekerja Hybrid Di Masa Covid

Surat edaran bernomor 8 Tahun 2020 itu berisi tentang pengaturan jam kerja pada period adaptasi kebiasaan hidup menuju masyarakat yang produktif dan aman dari virus corona di wilayah Jabodetabek. Kini kita memasuki babak baru bernamanew regular, period di mana kantor-kantor sudah mulai beroperasi, toko dan pusat belanja kembali menjalani roda bisnis. Kebijakanphysical distancingyang membuat kita melakukan kombinasi antarawork from house danwork from office, membuat kerja sama tim diuji. Juga kondisi ekonomi yang belum pulih membuat tuntutan perusahaan terhadap kinerja kita bersama tim semakin besar. Di tengah kondisi ini, adaptasi memperkuatteamworkadalah kunci yang wajib dijalani agar tim meraih hasil sesuai harapan.

Salah satu alumni yang ikut menjalani WfH ini adalah Novita Dewi Anjarsari. Alumni yang kini bekerja sebagai Staf Tenaga Kependidikan sekaligus Psikolog di Unit Konsultasi Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada , bercerita bagaimana bertahan agar tetap produktif dan kreatif selama WfH. Berkaitan dengan diagram Fishbone/Ishikawa diatas bisa dijelaskan dengan sebab-akibat yang ditimbulkan oleh Kebijakan-kebijakan pemerintah saat Pandemi Covid-19 terhadap kinerja pekerja sektor publik, adapun pembahasannya dijelaskan sebagai berikut. Piter memaklumi kondisi APBN saat ini sedang tertekan akibat pelebaran defisit dalam rangka meningkatkan stimulus, baik dalam rangka membantu masyarakat terdampak maupun untuk menjaga perekonomian. Sedangkan menurut ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economy Piter Abdullah mengatakan, sangat disayangkan jika dalam kajian yang dilakukan pemerintah berbuntut pada penundaan pembayaran gaji ke-13 dan pemberian THR. Sebab, itu makin memperburuk keadaan di tengah penyebaran virus Corona.

Pemegang Visa dan/atau Izin Tinggal yang sah dan berlaku melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi tertentu setelah memenuhi protokol kesehatan. Dia menekankan pandemi Covid-19 bukan hanya menjadi masalah DKI Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga seluruh dunia dan menjadi tantangan kemanusiaan. Anies juga mengakui tantangan untuk dunia usaha pun berat, terutama tantangan ekonomi yang muncul jika wabah Covid-19 selesai.

Bekerja dalam masa Covid

14 dari setiap 100 perusahaan yang beroperasi dengan menerapkan bekerja dari rumah (do business from home/WFH mengambil kebijakan tenaga kerja dirumahkan atau tidak dibayar. Kaburnya batas antara dunia pekerjaan di kantor dan dunia pribadi di rumah adalah kenyataan yang perlu dikelola organisasi pemberi kerja, tegas Juneman. “Oleh sebab itu, organisasi perlu menggeser pandangannya. Organisasi tidak dapat menganggap bahwa semua jam work at home merupakan “hak kantor”. Perlu fleksibilitas dari kepemimpinan dalam hal ini.” “Hal-hal yang diperoleh dari kantor itu bermanfaat untuk menunjang kehidupan pribadi dan keluarganya di rumah,” ujar Juneman kepada DW Indonesia. Sebaliknya, jaringan sosial yang terbentuk dari pergaulan pribadi di masyarakat atau dari kelompok hobi juga bisa menunjang karir seseorang di kantornya.

Karena virus corona, maka sejak 17 Maret 2020 seluruh Aparatur Sipil Negara di pusat dan daerah termasuk Pemerintah Provinsi NTT dan seluruh kabupaten/kota bekerja dari rumah atau lebih dikenal dengan sebutan Work From Home . Semua instansi penyelenggara pelayanan mengeluarkan edaran yang pada intinya mengatur penyesuaian sistem kerja, pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah, kegiatan mudik dan cuti di lingkungan kerja masing-masing. Saat membuat rencana masuk kembali, pengusaha harus mengetahui karyawan permainan online dengan kondisi berisiko tinggi seperti diabetes, asma, dan penyakit jantung. Kepedulian terhadap anggota keluarga yang lebih tua atau immunocompromised juga harus dipertimbangkan. Jika anggota tim bekerja lebih produktif dan efisien dari rumah, mungkin inilah saatnya untuk menjadikan telecommuting sebagai pertimbangan dalam bagaimana masa depan pekerjaan dilakukan. Jikalau keadaan kerja yang menyenangkan tersebut masih belum mampu menghalau rasa cemas dan stres pekerja, maka kebersyukuran dapat diterapkan.

Ketika stres yang dirasa tak menjadi beban, tentu saja produktivitas kerja akan menjadi meningkat. Untuk itu, tak jarang berbagai perusahaan menyediakan tempat lainnya di dalam kantor guna memaksimalkan kinerja karyawan, misalnya seperti lounge, pantry, atau tempat lainnya yang desain interiornya dibuat senyaman mungkin. Akan tetapi, kebijakan untuk melakukan aktivitas di rumah nyatanya menuai pro dan kontra dari masyarakat, terutama soal bekerja di rumah atau work from home yang mana sangat berdampak pada operasional bisnis sehari-hari. Di samping itu, para pekerja harus menerapkan PHBS serta memakai msker sejak keluar rumah dan memakai sarung tangan selama berada di space pabrik. Aturan bodily distancing sejauh minimal satu meter serta menghindari kontak fisik juga harus dipatuhi oleh para pekerja.

Leave a Reply