Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Bekerja Di Rumah Saat Pandemi Corona? Ini Plus & Minusnya

Bekerja Di Rumah Saat Pandemi Corona? Ini Plus & Minusnya

Hal ini merupakan inovasi agar orang-orang yang ada didalamnya tidak banyak menyentuh barang-barang atau fasilitas yang biasanya digunakan secara umum. Selain itu, untuk mencegah penyebaran virus corona tentunya Anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Pandemik virus corona yang telah memakan ribuan korban jiwa memang bukan hal yang dapat diremehkan. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dalam menghadapinya karena ada hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya seperti sering mencuci tangan.

Pengaturan bekerja dari rumah .Menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang paling penting dan cara melawan virus corona yang paling efektif adalah menjaga higienitas diri. Langkah-langkah pencegahan seperti rajin mencuci tangan, mandi setiap hari, memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sangat penting untuk dilakukan. Ini sebabnya bodily distancing atau menjaga jarak sangat dianjurkan untuk menurunkan kemungkinan infeksi virus corona. Mencuci tangan hingga bersih yaitu minimal durasi 20 detik di bawah air mengalir juga harus terus digalakkan supaya virus tidak berpindah ke area wajah dan menyerang sistem imun tubuh manusia.

Menurut laman situs WHO, penyebaran virus corona yang utama adalah melalui droplet atau percikan air ludah dari penderita Covid-19. Jika seseorang berada dalam jarak dekat saat penderita bersin, batuk atau berbicara, maka virus berpotensi menular ke orang di sekelilingnya. Bagaimana pun kehadiran anggota keluarga di rumah tidak boleh diacuhkan begitu saja. Oleh sebab itu, sesekali bermain dan mendampingi anak-anak yang sedang tidak sekolah perlu dilakukan.

Bekerja dalam masa Covid

Belakangan ini dunia telah digemparkan dengan perkembangan virus Corona yang muncul di berbagai negara. Presiden Joko Widodo melalui akun Instagram resminya menghimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan seperti bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan 3M, lantaran kasus positif wabah pandemi Coronavirus (COVID-19) yang masih terus bertambah.

Keputusan itu diambil usai rapat koordinasi tingkat menteri dan setelah rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, larangan mudik ini berlaku untuk seluruh masyarakat pada 6-17 Mei 2021. Kata dia, jika aturan pemerintah soal larangan mudik tak dipatuhi maka bakal berpotensi adanya lonjakan kasus harian, positivity price yang meningkat serta bertambahnya kematian. Maka dari itu kata dia pemerintah bakal terus berupaya mengingatkan masyarakat agar tidak mudik dan liburan. Ia juga mencontohkan sejumlah negara lain yakni Perancis, Polandia, Hungaria kasusnya melonjak akibat berbagai perlonggaran serta tingginya mobilitas masyarakat. Untuk itu kata dia, pemerintah tengah berupaya mempertahankan kinerja penanganan Covid-19 yang dinilainya saat ini sudah baik.

Hal tersebut diwujudkan melalui pendekatan perspektif gender dan inklusif. “Kesenjangan sosial dan ekonomi antar-laki-laki dan perempuan serta kelompok rentan lainnya akan semakin lebar karena pandemi Covid-19 ini,” kata Kate dalam bincang daring, Kamis (sixteen/7/2020). ‚ÄúSakti Peksos perlu merespon kasus sebagai input untuk refleksi kebijakan agar yang ditangani tidak terjadi lagi pada masa datang.

Di pintu masuk tempat kerja, lakukan pengukuran suhu menggunakan thermo gun, dan sebelum masuk kerja terapkan Self-Assessment Risiko COVID-19 untuk memastikan pekerja yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak terjangkit COVID-19. Pimpinan atau pemberi kerja memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai COVID-19 untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan. Social distancingbila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah jarak sosial. Dengan melakukansocial distancingkita diharapkan mengisolasi diri dari dunia luar dan tidak berkontak dengan orang lain.

Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Juanda Pangaribuan mengatakan sedikitnya ada four masalah ketenagakerjaan yang muncul akibat Covid-19. Pertama, pada saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar sebagian perusahaan tidak boleh beroperasi. Akibatnya, ada perusahaan yang memutuskan untuk merumahkan pekerja atau memerintahkan pekerja untuk bekerja dari rumah (do business from home/WFH). Masalah ketenagakerjaan yang muncul akibat pandemi Covid-19 antara lain pekerja dirumahkan, bekerja dari rumah, pembayaran upah, dan pemutusan hubungan kerja .

Padahal, beberapa pekerjaan tertentu atau perusahaan tetap mengharuskan pekerjanya untuk bekerja di luar rumah. Apakah Anda termasuk yang harus bekerja di luar rumah dalam situasi seperti ini? Karena, kepanikan bisa membuat Anda tidak bisa berpikir dengan jernih dan mengambil sikap yang tepat. Ada sejumlah tips perlindungan diri dari virus corona saat bekerja di luar rumah yang bisa Anda terapkan. Pandemi virus corona 2019 (COVID-19) telah menjadi kekhawatiran dunia, termasuk Indonesia.

Leave a Reply