Bolehkah Pijat Setelah Melahirkan?

Namun menurut ahli kandungan dr Ifzal Asril, SpOG melakukan urut setelah melahirkan sebenarnya bukan untuk mengembalikan posisi rahim. Selain itu, pilihlah tempat pijat yang terpercaya dan tenaga pemijat yang memang sudah terlatih untuk melakukan pijat setelah melahirkan ya, Bun. Saat melakukan pemijatan di sekitar payudara, jangan lupa untuk menggunakan bantalan payudara atau breast pad ya. Hal ini berguna untuk mencegah ASI merembes ke baju ketika payudara Bunda dipijat. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Bila pijat menggunakan minyak berbahan dasar almond dapat membantu menyamarkan stretch marks.

untuk persiapan ibu setelah melahirkan dapat lebih mudah diakses, proses pelaksanaannya pun menjadi efektif juga efisien. yang perlu ibu dan bayi dapatkan untuk menunjang kondisi fisik serta psikologis setelah melahirkan. Dalam video itu, Citra mengungkapkan bahwa dirinya baru saja melakukan pijat. Nggak hanya dipijat biasa, Citra juga mendapatkan treatment lain seperti digurita dan diuap yang membuat tubuhnya menjadi nyaman. Banyak ibu yang akhirnya mencari perawatan tradisional untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Tapi tentunya, jahitan di sekitar area vagina akan butuh waktu untuk bisa pulih. Untuk sementara waktu, Anda akan merasakan nyeri atau kemungkinan bengkak. Namun Anda bisa mengurangi rasa nyeri tersebut dengan kompres dingin atau berendam di air hangat. Dijelaskan American Pregnancy Association dalam laman resminya, justru pijat setelah melahirkan dapat memberi banyak manfaat untuk bunda.

Mengurus bayi menjadi kegiatan baru yang menyibukkan ibu pascamelahirkan. Di samping itu, dia juga menyarankan untuk menggunakan pelembab kulit agar lebih elastis dan mengurangi dampak dari stretch mark itu sendiri. Tidak hanya penggunaan krim wajah, ibu hamil juga tidak disarankan melakukan perawatan yang menggunakan konduksi listrik karena dikhawatirkan alat-alat tersebut dapat mengganggu detak jantung janin. Selain menyediakan perlengkapan untuk bayi, menyusui, nifas, dan sebagainya, penting juga melakukan persiapan bagi fisik ibu serta bayi.

Pijat akan meredakan kelelahan, meningkatkan relaksasi, dan membantu tidur. Penelitian menunjukkan peningkatan gelombang otak delta terjadi saat dipijat. Ada trik tersendiri yang disebut dengan food plan air putih, yaitu meminum 500 ml air putih sebelum makan agar perut terasa kenyang. Sehingga Anda tidak akan menyantap terlalu banyak makanan setelahnya.

Hal tersebut memicu produksi oksitosin yang menyebabkan refleks ‘letdown‘, kondisi yang dapat membuat tubuh mengeluarkan ASI selama pijatan. Kontraksi rahim membantu dalam proses pembersihan alami, menghilangkan darah, dan keluarnya cairan lainnya setelah melahirkan. Pijat perut setelah melahirkan dapat membantu rahim dalam proses pembersihan serta membantu memulihkan ukuran dan bentuknya sebelum melahirkan.

Olivine Spa terhubung erat dengan Rumah Sakit Seran dan pusat perawatan pascapersalinan Olivium dan menawarkan layanan profesional dalam bentuk pijat bersalin dan pascapersalinan serta perawatan tubuh. Semua ruang spa dipisahkan untuk memberikan privasi bagi para ibu yang memiliki kondisi tubuh dan pikiran yang sensitif setelah melahirkan. Ruang-ruang spa dirancang dengan warna cokelat yang menenangkan dan sama mewah dan canggihnya dengan fasilitas spa resort khusus. Ini termasuk menerima bantuan teman yang menawarkan bantuan untuk mencuci baju, ibu mertua yang membawa sedikit makanan, atau ayah yang memberikan bantuan untuk menjaga bayi saat ibu tidur siang. Jika tidak ada yang menawarkan bantuan di hari-hari pertama setelah melahirkan, atau jika Anda tinggal jauh dari keluarga, pekerjakan seorang asisten rumah tangga untuk sementara waktu. Anda juga dapat mempekerjakan doula atau asisten pendamping persalinan atau pascamelahirkan sebagai salah satu cara untuk merawat diri sendiri.

Payudara yang kencang akan terasa rileks sehingga ASI akan keluar dengan lancar. Jika menggunakan breast pump elektrik bisa gunakan mode pijat terlebih dahuhu sebelum memulainya. Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Bekas luka jahitan juga sudah tidak sakit lagi meski masih terasa gatal. Rahim dan perut Anda butuh sejumlah proses dan waktu untuk dapat kembali seperti sediakala.

Selesai pemijatan, gunakan ujung jari dan ketuk-ketuklah payudara, agar sirkulasi darah lebih lancar. Namun seringkali ibu mengeluh, di dalam payudaranya seperti terdapat benjolan atau bahkan bayi kurang suka menyusu akibat aliran ASI yang kurang lancar. Jika air susu jarang dikeluarkan, maka air susu akan mengental sehingga menyumbat lumen saluran. Banyak ibu baru menikmati pijatan setiap satu atau dua minggu sekali selama beberapa bulan pertama.

Ibu pijit usai melahirkan

Dilansir laman Breast Feeding Support, tanda ASI mulai mengalami peningkatan produksi ketika tetesan-tetesan kolostrum mulai meningkat. Pasalnya salah dalam melakukan pijat payudara bisa berdampak fatal untuk kesehatan ibu. Ibu bisa melakukan pijat bayi sembari bernyanyi, bercerita, maupun mengajak bayi berbicara untuk menjalin komunikasi dengan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *