Ingin Asi Kental Dan Berkualitas? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Air susu ibu mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi. Maka itu, ibu semestinya mengkonsumsi makanan bergizi demi menunjang kualitas ASI yang diproduksi. Kebutuhan kalori bayi usia 9 bulan meningkat hingga 300 kkal, sehingga diperlukan resep MPASI 9 bulan yang lengkap dan penuh nutrisi.

Selama menyusui, Busui perlu mengonsumsi sekitar 500 kalori lebih banyak agar produksi ASI tetap lancar. Asupan tersebut bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seimbang ditambah minum air putih yang cukup (sekitar 8 – 10 gelas setiap hari). Makanan untuk memperbanyak air susu ibu disebut juga makanan laktogenik atau ASI booster. Makanan laktogenik adalah jenis makanan yang mengandung galaktagog, yaitu senyawa pada tanaman yang dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Alpukat juga kaya dengan berbagai nutrisi seperti kalium, folat, vitamin B, vitamin C, vitamin E hingga vitamin K.

Bubur daging hati jadi salah satu menu penuh karbohidrat, protein, lemak, dan sayuran, dengan citarasa yang disukai buah hati. Wanita pascamelahirkan memerlukan banyak asupan untuk memenuhi gizi harian sekaligus menunjang stamina saat memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Nah, daun katuk menjadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk memperlancar ASI karena kandungan galactagogue-nya. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi daun katuk memiliki produksi ASI yang lebih lancar.

Resep makanan agar asi banyak

MANTRA SUKABUMI – Daun katuk atau adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemui di Asia Tenggara dengan memiliki ketinggian 2 hingga 3 meter. Ibu dapat melakukan cek kesehatan perut di Tummypedia satu kali setiap hari. Agar anak tumbuh hebat, usahakan untuk tidak terlambat mengenalkan si Kecil dengan MPASI. Untuk memastikan hal ini, Ibu bisa memerhatikan beberapa kelakukan baru yang dilakukan oleh si Kecil. Sebagian ibu mungkin masih merasa bingung untuk merencanakan menu sehat buat si Kecil yang berusia 6 bulan. Kalau tidak direncanakan atau dijadwalkan dengan baik, bisa-bisa si Kecil rewel karena lapar.

Ada banyak pilihan makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu Bunda meningkatkan kualitas ASI. Mengonsumsi rekomendasi bahan makanan untuk ibu menyusui berikut akan membuat ASI lebih kental dan berkualitas serta kaya nutrisi untuk si kecil. Minum air putih dengan jumlah yang cukup penting untuk ibu menyusui. Biasanya ibu menyusui sangat berisiko mengalami dehidrasi. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik agar produksi ASI berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *