Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Ini Dia Cara Mendaftar Dan Alur Vaksinasi Untuk Lansia

Ini Dia Cara Mendaftar Dan Alur Vaksinasi Untuk Lansia

Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,8 per a hundred orang. Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi cell. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat. Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per a hundred penduduk.

Bagi peserta atau sasaran vaksinasi warga lanjut usia yang sempat mengisi tautan tersebut tidak perlu khawatir karena knowledge dijamin aman dan tersimpan di dinas kesehatan provinsi di mana peserta tinggal. Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat, baik di Puskesmas maupun rumahsakit milik pemerintah dan swasta. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. sixteen slot terbaru 2021.02.2021 Pemerintah akan mengawali vaksinasi tahap kedua pada Rabu (17/02) dengan menyuntik vaksin terhadap pedagang pasar di Tanah Abang, Jakarta.

KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan. Orang lanjut usia menjadi salah satu prioritas pemberian vaksinasi covid-19 di Indonesia. Sebelum melakukan vaksinasi covid-19, lansia dianjurkan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya terlebih dahulu. Setelah nakes di atas usia 60 tahun, giliran selanjutnya adalah vaksinasi bagi masyarakat di atas 60 tahun. Hal itu dilakukan paralel untuk pendataan masyarakat dengan usia di atas 60 tahun. Risiko berdampak parah bagi lansia yang terkena Covid-19 menjadi faktor pemberian prioritas.

Pelaksanaan vaksinasi drive through yang berlokasi di lapangan parkir hall C, Jakarta International Expo , Kemayoran, Jakarta Pusat ini merupakan kerja sama antara Kemenkes, Halodoc, dan Gojek. Lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia. Kementerian BUMN menegaskan sentra vaksinasi Covid-19 hasil kolaborasi dengan Kemenkes Pemda DKI, dan Indonesia Healthcare Corporation bukan untuk masyarakat umum. Sebanyak 38 unit armada bus sekolah dikerahkan untuk mempermudah lansia sampai ke tempat vaksinasi. Saat ini Indonesia khususnya DKI Jakarta sedang melakukan percepatan vaksinasi secara nasional yang menyasar kaum lanjut usia .

Keterbatasan informasi mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 membingungkan warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi. Hal itu menghambat upaya percepatan vaksinasi yang menjadi kunci pengendalian pandemi. Lebih lanjut, dr. Maxi menjelaskan ada kekhawatiran yang justru datang dari anak-anak para lansia ini, “Anak-anak dari lansia ini perlu kita sosialisasikan dengan baik. Ini perlu kerja sama dari kita semua terutama mensosialisasikan sisi keamanan dari vaksinasi dan memang orang tua harus kita lindungi dari COVID-19.

“Karena kami sayang dengan semua orang tualah maka kami dahulukan orang tua. Semoga semua orang tua kita sehat dah tak pernah terpapar,” kata Marlin saat menghadiri Vaksinasi Covid19 untuk lansia di Sport Hall Universitas Internasional Batam, Sei Ladi Batam, Selasa (30/three). “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” tuturnya.

Ada dua mekanisme vaksinasi yang akan dilakukan, salah satunya harus mendaftar dulu di web site Kementerian Kesehatan RI. Namun, dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali dimana lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat. Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi, misalnya, organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia. Sementara untuk pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Dikutip dari laman Covid19.go.id, saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Di Jawa dan Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini.

Di dalamnya terdapat daftar tautan yang dapat dipilih sesuai lokasi tinggal. Peserta juga dapat meminta bantuan anggota keluarga atau pengurus RT/RW setempat bila merasa kesulitan. “Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui sehatnegeriku.kemkes.go.id serta di situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , covid-19.go.id,” terangnya. “Vaksinasi COVID-19 bagi lansia ini diperuntukkan bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas,” ujarnya, Selasa (23/2). Begitu urusan administrasi dan pengecekan kesehatan beres, mereka langsung divaksinasi.

Vaksinasi bagi Lansia

“Penyuntikan vaksin untuk lansia ini kami lakukan selana 28 hari kedepan. Jadi akan kami running terus prosesnya,” ujarnya. Nadia mencontohkan, organisasi seperti organisasi untuk para pensiunan, organisasi keagamaan, maupun organisasi kemasyarakatan. Setelah itu, institusi maupun organisasi melakukan pendataan dan pendaftaran peserta lansia untuk pelaksanaan vaksinasi. Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia. Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Leave a Reply