Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Menkes Akui Cakupan Vaksinasi Covid

Menkes Akui Cakupan Vaksinasi Covid

Lambatnya proses vaksinasi covid-19 untuk lansia, lantaran proses pendaftaran vaksinasi dilakukan secara manual. “Rata-rata masyarakat lansia ini daftar dengan KTP bukan menggunakan elektronik, maka dari itu prosesnya sedikit terhambat,” ucapnya. Golongan masyarakat lanjut usia dengan usia 60 tahun ke atas menjadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Dinas KOMINFO Ngawi – Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Lansia sehat yang dimaksud adalah lansia yang belum pernah terinfeksi virus Corona, tidak dalam keadaan demam atau flu, tidak memiliki alergi vaksin, dan tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona. Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± 400 orang lansia sehat . Irma mengatakan, ketentuan ini berlaku untuk vaksinasi Covid-19 di seluruh puskesmas di Jakarta dan fasilitas umum. Untuk vaksin dosis kedua, menurut dia, rencananya disuntik di tempat yang sama. Vaksinasi COVID-19 untuk lansia diperkirakan akan mulai dilakukan pekan depan.

Vaksinasi bagi Lansia

Saat ini, Indonesia juga masih menunggu kedatangan vaksin Astra Zeneca, Pfizer, dan Moderna. Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per one hundred orang (posisi four/3/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Kendati demikian, proses vaksinasi covid-19 untuk lansia tetap bakal dilakukan secara bertahap.

Iris mengingatkan, mereka yang belum divaksinasi atau yang telah mendapatkannya tetap menjalankan protokol kesehatan 5M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama yakni Sinovac dengan dosis zero,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. Wajib membawa bukti e-voucheragar dapat diperkenankan masuk ke area Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Lansia akan diberikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dengan selang waktu 28 hari. Pemberian dua dosis vaksin COVID-19 dimaksudkan agar imunitas terhadap virus Corona bisa terbentuk secara maksimal.

Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact individual perwakilan dari vocal Point yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. “Jadi proses pendaftaran ini sasaran vaksinasi bisa dibantu oleh keluarga ataupun RT/RW setempat,” tutur dr. Nadia. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa – Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. Ketiga vaksin tersebut juga telah mendapatkan izin penggunaan untuk usia di atas 60 tahun oleh otoritas pengawasan obat di negara asalnya. Meski begitu nantinya BPOM juga akan melakukan kajian knowledge Slot 2021 untuk memberikan EUA bagi ketiga vaksin tersebut.

Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (3/3/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Melansir laman Setkab vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Para lansia ber-KTP DKI Jakarta cukup mendaftarkan diri melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc. Dalam tahapan vaksinasi bagi lansia, mitra driver Gojek yang berusia di atas 60 tahun diikutkan untuk mendapat vaksinasi Covid-19. Dukungan terhadap program vaksinasi Covid-19 untuk lansia diberikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Jika memiliki kondisi-kondisi di atas, maka vaksin baru bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol baik. Jika ada three jawaban “Ya” atau lebih dari 5 pertanyaan di atas, maka vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan.

Leave a Reply