Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Menkes Terbitkan Aturan Vaksinasi Mandiri, Bio Farma Tunggu Harga Vaksin

Menkes Terbitkan Aturan Vaksinasi Mandiri, Bio Farma Tunggu Harga Vaksin

Dalam kunjungannya ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkeliling meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo. Berkaitan dengan angka kasus Covid-19 yang masih tinggi, Hendrar Prihadi meminta masyarakat tetap mengikuti prosedur kesehatan yang baik. Tetapi kami sudah siapkan dana cadangan Rp 50 miliar yang bisa difungsikan untuk pembelian vaksin secara mandiri,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi seperti dilansir dari Antara di Semarang.

“Untuk lokasi pemberian vaksin, kami masih menegosiasikan dengan Pemerintah untuk kesepakatannya. Tetapi tidak mengganggu pelayanan yang ada dan akan dilibatkan juga rumah sakit swasta,” tutupnya. “Kami sudah bicara juga dengan mereka (baca. perusahaan farmasi swasta Nasional), ini masih dikoordinasikan dengan pemerintah untuk regulasinya bagaimana swasta diperbolehkan untuk impor langsung,” ungkapnya. Adapun harga vaksin nantinya akan ditentukan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, seperti diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Namun Shinta menyebutkan pihaknya sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PT Biofarma selaku induk perusahaan BUMN holding farmasi yang akan mengimpor vaksin terkait sistem distribusi dan juga harga jual vaksin.

Mereka mengumumkan pihaknya berharap untuk memulai uji klinis tahap pertama pada manusia di bulan Juni 2021. BioNTech mengumumkan hasil keuangan kuartal Desember, mengakui angka €270,5 juta ($318 juta) sebagai pendapatan komersial pertama vaksin Covid-19 untuk tahun 2020. “Dari diskusi kita dengan mereka, rencana kita akan memasukkan 15 juta dosis dari Sinopharm ini sampai Q2 2021. Sekarang lagi finalisasi negosiasi dengan Sinopharm dan lagi proses untuk mendapatkan EUA dari BPOM,” katanya. “Jadi pemerintah akan memberikan acuan harga melalui Kementerian Kesehatan,” ucap Airlangga. Airlangga mengatakan ongkos vaksin yang didatangkan pemerintah akan berbeda-beda.

Untuk yang mandiri, diharapkan tidak membebani masyarakat dan mudah didapat. Shinta menyebutkan sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PT Bio Farma selaku induk perusahaan BUMN holding farmasi yang akan mengimpor vaksin mengenai sistem distribusi dan harga jual vaksin. Kadin mengusulkan sejumlah perusahaan swasta di sektor farmasi yang memiliki infrastruktur untuk mendistribusikan vaksin. “Harga sedang kami hitung,” kata Juru Bicara Vaksinasi dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto singkat kepada Lokadata.id, Kamis (4/3/2021). Karena itu, kata Budi seperti dikutip Tempo, “Pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut.” Dia mengatakan, biaya vaksin mandiri merupakan bagian dari biaya perusahaan.

Harga vaksin mandiri

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan kisaran harga vaksin COVID-19 di Indonesia Rp200.000. Hal itu disampaikan untuk menanggapi pemberitaan yang menyatakan bahwa Sinovac sudah meneken kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil dengan harga 1,ninety six dolar AS per dosis. Tak hanya itu, BPKN juga meminta pemerintah untuk memastikan pendataan masyarakat mana saja yang bisa menerima vaksin secara cuma-cuma dan yang harus berbayar. Selain itu, proses vaksinasi di Indonesia juga harus dilakukan setelah keluarnya uji klinis ketiga dan hasil kajian dari Badan POM.

Solopos.com, SUKOHARJO — Ratusan personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Sukoharjo dikerahkan untuk memberikan pengamanan ketat di gereja saat ibadah Paskah, akhir pekan ini. Hal itu untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan seperti serangan bom atau teroris. “Sinopharm 15 juta Kuartal I dan Kuartal II-2021,” demikian kutipan bahan paparan Airlangga dalam webinar MNC Group Investor Forum 2021, Selasa (2/three). Pada Desember 2020 lalu, sempat muncul kabar vaksin Moderna menyebabkan pembengkakan wajah sementara pada dua peserta penelitian, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat . Dua peserta ini ternyata baru saja menjalani prosedur filler pada wajah mereka . Efek samping itu biasanya mulai dalam satu atau dua hari setelah mendapatkan vaksin.

Diharapkan pada 2022, PT Biofarma sudah bisa memproduksi vaksin yang dikembangkan oleh Lembaga Eijkman Jakarta. Pemerintah menerima masukan dari masyarakat tentang biaya vaksin COVID-19 dan memutuskan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan free of charge dan tanpa syarat. Kedua, dalam Pasal 1 ayat 5 disebutkan bahwa pendanaan vaksinasi corona atau Covid 19 ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha. “Kalau satu orang memerlukan dua dosis, maka 15 juta orang yang akan divaksin di akhir 2020, kalau uji klinisnya berjalan dengan baik,” tuturnya. Bagi kelompok masyarakat yang bukan peserta BPJS Kesehatan bisa melakukan vaksin secara mandiri dengan menggunakan dana pribadi. Ia juga meminta pemerintah meningkatkan intensitas edukasi dan sosialisasi mengenai vaksin COVID-19.

Leave a Reply