Pentingnya Pijat Perineum Bagi Ibu Hamil, Jangan Berpikir Negatif Dulu

Pijatan berdampak sangat positif bagi ibu, terutama setelah melahirkan. Untuk yang menjalani operasi, dianjurkan berkonsultasi dulu dengan dokter jika ingin dipijat. Pijat akan mengurangi kelelahan, meningkatkan relaksasi dan membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur akan lebih nyenyak. Sebenarnya tidak ada waktu spesifik mengenai waktu yang tepat untuk pijat setelah melahirkan.

Pijat yang dilakukan di bagian-bagian tersebut dapat mengurangi ketegangan otot sehingga ibu merasa lebih relaks. Dilansir Republika, untuk ibu yang melahirkan regular, tunggu setelah 40 hari setelah melahirkan untuk bisa melakukan pijat tubuh. Sedangkan bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, sebaiknya menunggu 3-6 bulan. Karena proses pemulihan caesar lebih lama daripada melahirkan regular. Pijat setelah melahirkan ternyata memiliki teknik khusus yang mampu merangsang jaringan payudara.

Hitung saja berat badan bayi sekitar three,5 kg dan harus menggendong setiap hari dalam waktu tertentu. Hal ini sama dengan ibu melakukan angkat beban dan aktivitas health club seharian yang mampu mengencangkan kembali bagian otot-otot yang kendur. Pijat jamu yang dilakukan setelah melahirkan berasal dari Asia Tenggara. Nama ini didapatkan dari “jamu”, yaitu ramuan herbal yang digunakan saat pijatan dilakukan.

Ibu pijit usai melahirkan

Studi menunjukkan bahwa pijat meningkatkan kadar prolaktin, hormon laktasi. Saat melahirkan, otot-otot di tubuh ibu mengalami kontraksi hebat, terutama bagian perut, punggung, dan paha. Bagi ibu yang menjalani operasi caesar, otot punggung juga sering kali terasa nyeri dan kaku.

Pijat postpartum biasanya mencakup banyak elemen yang sama dengan pijat biasa. Mama yang mendapatkan pijatan setelah melahirkan kemungkinan akan melihat banyak manfaat untuk tubuh dan suasana hati yang berhubungan dengan pijatan secara umum. Hindari memijat area di sekitar bekas luka pada perut untuk mencegah infeksi atau demam. Sebaiknya, arahkan saja pada kaki, kepala, lengan, dan punggung Anda yang juga rentan mengalami pegal-pegal setelah melahirkan. Apabila Anda ingin melakukan pemijatan untuk mengembalikan kebugaran tubuh, tunggulah setelah luka Anda membaik.

Luka bakar waxing dan cedera saat mencukur juga bisa menyebabkan kondisi ini. Lalu ulangi sekali atau dua kali seminggu, dan hingga sehari sekali, sampai melahirkan. Moms bisa membuat jadwal dengan terapi fisik dasar panggul, atau minta bantuan Dads untuk memijat. Dan banyak perempuan mengaku bahwa hal ini membantu saat persalinan. Berikut penjelasan penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Pertahankan postur tubuh yang lurus, dan saat Anda mulai merasa lebih kuat, tambah waktu untuk menahan udara.

Pemijatan ini dilakukan oleh keluarga dengan posisi ibu sedikit membungkuk dan kepala di sandarkan di meja. Dengan harapan hormone oksitosin keluar dan melancarkan pengeluaran ASI. Pelaksanaan masase perineum membutuhkan waktu lebih kurang 5-10 menit setiap hari. Dimulai pada usia kehamilan 34 minggu sehari sekali, sampai janin lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *