Pertanyaan Sebelum Menikah Yang Perlu Didiskusikan

Agar lebih mudah untuk mempersiapkan perlengkapan tersebut, Ibu bisa langsung mengunduh daftar perlengkapan yang sudah saya siapkan di sini. Pakaian ganti untuk tubuh Ibu yang belum sepenuhnya kembali normal. Saran saya, sebaiknya pilih baju Ibu yang muat saat trimester ke-2 atau daster yang nyaman. Kaus kaki juga perlu dibawa untuk mencegah agar ibu tidak kedinginan. Celana dalam, bra menyusui dan breast pad sebagai persiapan untuk menyusui setelah si Kecil lahir nanti. Breast pad merupakan penyerap ASI yang diselipkan di antara bra dan payudara untuk mencegah rembesan ASI.

Akan tetapi, Bunda yang tidak memiliki tekanan darah tinggi selama hamil juga berisiko mengalami eklampsia atau preeklampsia postpartum. Pasca persalinan per vaginam maupun caesar, tubuh akan mengeluarkan darah nifas atau yang dikenal secara medis dengan nama lochea. Nifas merupakan cara tubuh mengeluarkan darah dan jaringan sisa di rahim, yang sebelumnya dipakai untuk menjaga pertumbuhan janin. Namun dengan kemajuan ilmu kedokteran, rasa mulas atau sakit yang biasa dialami pada saat melahirkan normal dapat diminimalisir dengan menggunakan obat pengurang rasa sakit , Moms.

Dokter akan menjahit kembali perinuem setelah persalinan selesai. Kontraksi pada tahap ini berlangsung sekitar 60–90 detik dan mereda tiap 2–5 menit. Setiap kali kontraksi muncul, ibu akan merasakan desakan kuat untuk mengejan. Tetapi perlu diingat, mengejan sebaiknya hanya dilakukan ketika diminta oleh dokter. Dalam fase ini, ibu hamil disarankan untuk tetap tenang dan tidak perlu terburu-buru ke rumah sakit. Ibu masih boleh melakukan aktivitas ringan di rumah, namun dengan tetap menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan serta mencatat kontraksi yang terjadi.

Ternyata lokasi KKP ini tidak di dalam Bandara tapi diluar Bandara dan aku naik Ojek ke KKP. Nah saat di KKP aku kasih tahu kepada petugas bahwa aku hamil namun apakah bisa mendapatkan Surat Kuning tapi tanpa suntik. Ternyata petugas menyuruh bertanya langsung kepada petugas yang ada di dalam. Namun ternayata aku tidak mendapatkan Surat Kuning dan mereka malah menyarankan agar aku membatalkan kepergian Umroh. Asli dunia rasanya runtuh, bayangkan dalam kondisi hamil berangkat dari jam 5 subuh dengan lama perjalann 3 jam eh ternyata hasilnya diluar ekpektasi.

Persoalan rumah tangga yang baru pun tidak bisa dijabarkan satu-satu sampai aku benar-benar lelah. Alhamdulillah suamiku sangat mendukungku dan kami menjalani setiap cobaan yang datang. Alhamdulillah, setelah perjuangan panjang mulai dari gagal Vaksin hingga salah beli tiket pesawat akhirnya aku bisa menunaikan ibadah Umrah dengan si Dede Bayi. Sayangnya kami datang terlalu sore sehingga tidak bisa menjelajah wilayah Sungai Batu Busuk lebih dalam.

Aktivitas fisik akan mencegah cairan dan darah mengumpul di kaki membantu mengeluarkan cairan dari tubuh. Untuk cara mengetahui jahitan bersalin sudah kering atau belum, Bunda hanya bisa memastikannya dengan berkonsultasi pada dokter atau bidan. Ini bisa Bunda lakukan saat kunjungan nifas seminggu setelah melahirkan. Atau, bila Bunda ingin mengecek sendiri di rumah, gunakanlah cermin yang dihadapkan pada area vagina.

Apakah lahiran normal sakit?

Kebanyakan memang ibu hamil ingin melahirkan secara regular karena banyak alasan seperti penjelasan berikut. Area terbaik untuk dipijat selama proses melahirkan adalah bahu, punggung, kaki, dan tangan. Pijatan pasangan bisa menstimulasi muncul endorfin yang bisa menekan rasa sakit Bunda saat melahirkan. Mengutip dari laman WebMD, tahap pertama merupakan bagian persalinan terpanjang bahkan bisa bertahan hingga 20 jam sebelum bayi lahir. Tahapan ini dimulai ketika serviks mulai terbuka dan berakhir ketika sudah benar-benar terbuka penuh .

Ada pula metode pengurang sakitnya melahirkan dengan obat penenang, opioid, maupun pudenal block. Apa pun langkah yang Anda pilih, pastikan untuk membicarakannya dengan bidan atau dokter kandungan yang menangani Anda karena setiap pengobatan memiliki risiko dan efek sampingnya masing-masing. Untuk memabntu meringankan rasa sakit melahirkan dapat dilakukan sebelum atau selama proses persalinan.

Namun perlu diingat bahwa tidak disarankan untuk mengompres secara langsung es batu pada luka jahitan karena dapat membuat saraf rusak. Bahkan jahit vagina sudah tidak dapat lagi memperbaiki kondisi ini. Proses persalinan membutuhkan pemulihan yang tidak sebentar. Mengurus bayi dengan segala tetek bengeknya memang membuat Ibu sangat sibuk. Namun bukan berarti mengabaikan kesehatan dan perawatan diri. Ibu tetap perlu melakukan perawatan diri pada masa pemulihan agar tidak membutuhkan waktu lama untuk pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *