Rekomendasi Susu Agar Produksi Asi Lancar Dan Berkualitas

Kandungan lainnya adakah kalium, asam folat, dan vitamin C yang baik untuk tubuh ibu dan si kecil. Bisa juga dibuat jus dan rasa manis serta kandungan airnya bisa memberikan efek segar untuk ibu. Kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, berusahalah mengelola stres dengan baik, agar ASI menjadi lancar dan tidak terhambat. Namun, Moms tetap bisa memakai satu pompa ASI sementara ASI dari payudara lainnya akan ditampung olehMOOIMOM Silicon Breastpump. Jika dilihat di dalam metode ini, artinya Moms harus melakukan pompa selama forty menit.

ASI sendiri memiliki banyak kandungan di dalamnya sehingga dapat membuat bayi memperoleh banyak asupan yang sesuai jika di bandingkan dengan susu method. Daun kelor atau moringa kaya akan nutrisi untuk menstimulasi produksi ASI. Hal ini sesuai dengan penelitian Dr. Michelle A. Taup, MD., yang menemukan fakta manfaat kapsul daun kelor terhadap ibu menyusui.

Dukungan seluruh keluarga terhadap aktifitas menyusui sangat membantu percaya diri ibu dalam memberi cairan hidup atau ASI itu. Kolostrum itu sendiri merupakan cairan berwarna kuning kental yang akan keluar setelah melahirkan dan hanya keluar selama beberapa hari. Kolostrum merupakan sumber nutrisi yang amat baik untuk bayi baru lahir, terutama dalam membantu bayi meningkatkan ketahanan tubuhnya. Untuk meningkatkan hormon ini, perlu stimulus dari hormon oksitosin. Nah, hormon oksitosin hanya bisa dikeluarkan ketika tubuh relaks dan bebas stres. ASI lebih mudah keluar jika kelenjar dan pembuluh darah payudara melebar.

Gemuk seringkali sangat menakutkan banyak perempuan, begitu juga ibu menyusui. Pengetahuan tentang jenis makanan dan kandungan nutrisinya, sangat baik diketahui oleh seorang ibu menyusui. Lihat gambar Piramidaku berapa banyak sebetulnya ibu harus mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari hari. Jangan lupa banyak minum air putih untuk mengatasi kehausan di sela sela menyusui. Bagi para Ibu menyusui, memperhatikan nutrisi sangatlah penting. Dalam memilih makanan, sebaiknya memilih jenis makanan yang dapat membuat produksi ASI.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Jangan biarkan kamu kekurangan cairan tubuh karena dapat menyebabkan produksi ASI menurun. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran yang mengandung kadar air tinggi. Buah-buahan yang baik untuk ASI dan tinggi air, seperti semangka hingga melon yang bisa menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi. Apabila Ibu mengalami masalah ASI yang sulit keluar setelah melahirkan, sebaiknya mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat tak hanya membuat tubuh lebih rileks tetapi juga dapat melancarkan produksi air susu agar lebih lancar.

Agar tidak kekurangan asupan cairan, sebaiknya ibu menyusui membawa botol berisi air putih kemana pun, terutama bila bepergian jauh agar terhindar dari dehidrasi. Memiliki bayi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap Ibu. Khususnya untuk para orang tua yang sudah lama mendambakan kehadiran sang buah hati. Akan tetapi, setiap Ibu yang baru saja melahirkan pastinya mengalami masalah dengan produksi Asi yang tidak lancar. ASI yang susah keluar tidak hanya dialami oleh para Ibu yang melahirkan secara caesar, tapi lebih dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya.

Kalau si kecil belum terlalu jago menyusu, Bunda bisa mencoba cara lain, yakni dengan memompa payudara. Semakin sering Bunda menyusui, semakin banyak pula hormon prolaktin yang dilepaskan oleh otak. Biasanya hormon ini mulai terbentuk di trimester ketiga kehamilan. Pepaya kaya akan asam folat, vitamin A, vitamin C, dan kalium. Terdapat juga zat besi, sehingga pepaya dipercaya dapat membantu untuk memperlancar ASI. Selain itu, buah yang rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol ini dapat membantu memperlancar suasana hati ibu yang lelah merawat bayi.

Nah, saat itulah otak akan memerintahkan agar ASI kembali produksi. Artinya, ini akan merangsang kinerja produksi ASI untuk sebab itu ibu haruslah menyusui bayinya sesering mungkin agar produksi ASI ibu berlimpah. Air susu ibu atau ASI sangatlah penting terutama untuk bayi yang baru lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *