Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Seperti Ini Cara Kerja Vaksin Covid

Seperti Ini Cara Kerja Vaksin Covid

Di sisi lain, vaksin yang tidak aktif memerlukan beberapa suntikan penguat untuk mencapai kekebalan yang tanguh, dan memproduksinya berarti menangani sejumlah besar virus berbahaya. Secara teori, vaksin mRNA seharusnya juga lebih cepat diproduksi, karena hanya membutuhkan sejumlah kecil bahan mentah untuk menghasilkan jutaan dosis. Hasilnya, sistem imun akan selalu bersiap atas serangan penyakit sebenarnya karena sudah “ingat” organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas. Pemberian vaksin akan menurunkan risiko orang-orang terserang penyakit. Vaksin adalah “senjata” biologis yang digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung racun atau protein tertentu.

WHO kembali akan memastikan kualitas, keamanan, dan efikasi vaksin untuk digunakan dalam program vaksinasi secara international. Selanjutnya, vaksin akan diajukan untuk persetujuan penggunaan dan peredaran. Regulator akan mengkaji kualitas, keamanan, dan efikasi vaksin setelah mempelajari information-data uji klinik. Efikasi merupakan langkah observasi untuk mengetahui besaran daya perlindungan vaksin terhadap infeksi.

Sebelum digunakan sebagai vaksin untuk COVID-19, teknologi vaksin mRNA telah banyak dipelajari efektivitasnya dalam melawan penyakit flu, Zika, rabies, dan cytomegalovirus . Vaksin ini juga digunakan oleh para peneliti untuk memicu reaksi sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel-sel tumor. Pada jenis vaksin yang menggunakan salah satu bagian virus, harus dipastikan bahwa satu bagian itu bisa memberikan perlindungan dari penyakit yang disebabkan oleh keseluruhan virus tersebut. Kelebihannya, vaksin jenis ini bisa diberikan untuk orang-orang dengan sistem imun yang lemah dan kekebalan yang panjang durasinya sudah terbentuk dengan dua dosis saja. Sistem imunitas dalam tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mengingat. Setiap kali terbentuk antibodi, terbentuk pula sel ingatan pembentuk antibodi.

Cara kerja vaksin covid

Alternatif lain, beberapa virus—diduga termasuk SARS-CoV-2 ini—bisa ditumbuhkan dalam telur ayam yang sudah berembrio. Secara umum, seperti yang dijelaskan oleh Department of Health & Human Service, Amerika Serikat, ada tiga cara utama untuk membuat vaksin. Pertama, adalah menggunakan virus yang lemah seperti pada vaksin MMR dan cacar air . Ketiga adalah menggunakan salah satu bagian dari struktur virus seperti pada vaksin HPV dan herpes zoster . Setelah vaksin mendapatkan persetujuan dari regulator, perusahaan perlu mengirimkan contoh vaksin kepada WHO untuk tahap prakualifikasi.

Setelah semua fase selesai, ada urutan langkah lagi yang harus dilalui sebuah vaksin. Di antaranya termasuk penilaian atas efikasi, keamanan regulasi, dan persetujuan akan kebijakan dari badan kesehatan masyarakat. Pada fase ini, vaksin akan diberikan kepada kelompok kecil partisipan untuk menilai tingkat keamanan, apakah dapat merespon imun atau antibodi, dan menentukan dosis yang tepat.

Leave a Reply