Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Vaksinasi Lansia, Begini Mekanisme Dan Cara Daftarnya

Vaksinasi Lansia, Begini Mekanisme Dan Cara Daftarnya

Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri . Untuk saat ini, pendaftaran bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki KTP domisili di ibu kota provinsi. Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Misalnya, menggandeng organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia atau organisasi keagamaan/kemasyarakatan. Budi mengatakan, diperlukan model baru pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia agar mereka nyaman untuk segera disuntik. Untuk itu, pemerintah mengupayakan percepatan cakupan vaksinasi dengan pelaksanaan model baru berupa sentra vaksinasi.

Lansia termasuk kelompok berisiko tinggi yang apabila tertular virus SARS-CoV-2 akan memperburuk kondisi kesehatan mereka. “Tahapannya lansia yang sudah dihubungi oleh faskes datang ke faskes, kemudian mereka melakukan screening. Walaupun sebetulnya malam kita hubungi juga dilakukan screening singkat PRAGMATIC SLOT untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, sedang ada keluhan atau tidak, sehingga bisa dilanjutkan pada hari ini,” jelas Iqbal. “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, lansia dengan penyakit komorbid terkendali bisa mendapatkan vaksin. Menurut Konsultan Alergi Imunologi di RSCM/FKUI itu, lansia memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi dan rentang waktu untuk pemberian vaksin kedua 0-14 hari setelah vaksinasi COVID-19 pertama dinilai belum cukup. Seorang warga lansia mengangkat jempol saat menjalani penyuntikkan vaksin COVID-19. Lansia bisa mendatangi ogranisasi atau instansi yang akan menjalankan vaksinasi untuk lansia. Kalau Anda memiliki keluarga di rumah yang termasuk ke dalam kelompok lansia silahkan segera daftarkan. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.

Vaksinasi bagi Lansia

Ia mengakui, alur vaksinasi untuk kelompok ini memang agak lambat bahkan kalah dari petugas pelayanan publik. Kemenkes mencatat petugas pelayanan publik yang sudah divaksin hampir 5 juta, sedangkan lansia baru sekitar 1,5 juta. Di sejumlah negara yang sudah menggelar penyuntikan vaksin virus corona secara masif, kelompok lanjut usia selalu menjadi prioritas pertama dalam program vaksinasi. Beberapa negara memberikan kemudahan proses dalam vaksinasi untuk lansia, misalnya bisa memilih lokasi.

Di kedua laman tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Selaras dengan itu, Direktur Rumah Sakit Al-Islam, Muhammad Iqbal mengatakan, setelah mendapatkan data dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, para lansia akan dihubungi untuk diberikan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Untuk saat ini sasaran vaksinasi covid19 adalah petugas pelayanan publik dan lansia. Apakah di salatiga sudah melayani vaksin untuk lansia, karena berdasarkan hyperlink yang tertera hanya untuk vaksinasi di kota semarang.

“Cepat. Hanya beberapa detik. Tidak sakit,” kata Ibu tadi menirukan ayahnya. Begitu selesai, mereka diminta menunggu sekitar setengah jam untuk observasi. “Memang saya ingin fokus ke Lansia namun Lansia ini agak sulit juga memvaksinnya, ada yang ragu-ragu datang, mereka enggak lebih mobile dari yang lebih muda,” kata Menkes dalam keterangannya yang dikutip Senin (29/3/2021). “Jadi yang hari ini datang kita pastikan betul-betul dalam kondisi yang baik” tegas Iqbal.

Kendati demikian, proses vaksinasi untuk lansia berjalan lambat, baru sekitar 1,5 juta yang divaksin dari target 21,6juta lansia. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk Lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, di prioritaskan di Jawa – Bali.

Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Kelompok prioritas penerima vaksin tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan tertular dan menularkan virus Covid-19. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. “Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” ucap dr. Nadia.

Leave a Reply