Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Vaksinasi Mandiri Diizinkan Pemerintah, Kadin Minta Harga Vaksin Terjangkau

Vaksinasi Mandiri Diizinkan Pemerintah, Kadin Minta Harga Vaksin Terjangkau

Dikutip dari Reuters, Rabu (19/eight/2020), harga vaksin corona yang sedang dikembangkan Sinopharm Group, jauh lebih mahal dari yang dibuat Sinovac ataupun vaksin pabrikan China lainnya. “Memang vaksin Corona untuk rakyat ditargetkan gratis, minimal untuk pemilik BPJS Kesehatan. Karena itu, dia meminta pemerintah memastikan harga vaksin Virus Corona benarbenar bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Rencananya, impor vaksin Sinopharm dan Moderna akan dilakukan oleh anak perusahaan Holding BUMN Farmasi, yakni PT Kimia Farma Tbk. Lebih lanjut, Rosan mengungkapkan kemungkinan besar akan melibatkan perusahaan farmasi swasta nasional. , JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia akan mengupayakan agar program Vaksinasi Gotong Royong atau Mandiri yang diperuntukkan bagi pekerja tidak akan memberatkan pelaku usaha.

Harga vaksin mandiri

Terkait program Vaksin Gotong Royong ini, tutur Airlangga, merupakan upaya untuk mempercepat program vaksinasi yang saat ini sedang dilakukan pemerintah. Namun, merujuk pemberitaan Reuters pada 12 Februari 2021, Senegal telah membayar sekitar three,72 juta dolar AS untuk 200 ribu dosis vaksin Sinopharm. Adapun, terkait dengan jumlah penerima vaksin lewat program tersebut berkisar juta orang dengan complete vaksin yang akan diimpor sekitar 60 juta dosis. Ketua Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani menyatakan pihaknya sudah membuat survei ke pelaku usaha yang berminat memberikan vaksin Covid-19 kepada pekerjanya. Pengusaha berharap harga harga vaksin yang harus mereka bayarkan tak lebih dari Rp1 juta. Yang jelas merek vaksin akan berbeda dengan yang vaksin gratis dari pemerintah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menetapkan batas harga vaksin yang dilakukan pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta. Aturan menegaskan swasta wajib membeli vaksin mandiri ke pemerintah atau BUMN. Sementara yang kedua, Jalur Mandiri yang menyasar masyarakat yang berusia tahun, ada sekitar 57 juta orang sasarannya vaksin corona atau Covid-19 dengan kebutuhan vaksin sekitar a hundred and fifteen juta dosis. Vaksin mandiri ini, masyarakat harus membayar sesuai dengan harga vaksin yang telah ditentukan oleh pemerintah. Vaksin gotong royong merupakan program vaksin khusus pekerja yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab perusahaan.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN Saleh Daulay meminta pemerintah agar memberikan vaksin COVID-19 secara free of charge bagi seluruh masyarakat yang menjadi sasaran penerima vaksinasi. Jika pemerintah menanggung vaksin COVID-19, maka target untuk mencapai efek herd immunity akan lebih terukur. “Pengaturan harga speedy take a look at, PCR check, swab test dan vaksin itu harus ditetapkan pemerintah dengan berdasarkan nilai keekonomian dan kemampuan masyarakat sesuai standar yang sudah ditentukan,” tuturnya. Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo Karanganyar mempertanyakan harga dan stok vaksin gotong royong yang diwacanakan pemerintahan.

Berdasarkan keterangan tertulis dalam Siaran Pers yang diterbitkan PT Pertamina Bina Medika IHC selaku holding yang menaungi PT. RS Pelni, dinyatakan bahwa informasi yang beredar mengenai layanan vaksin Covid-19 RS Pelni tersebut adalah benar dikeluarkan oleh RS Pelni pada 2 Februari 2021. Namun, sesuai dengan Peraturan Presiden terkait pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19, IHC dan grup rumah sakit dibawahnya termasuk RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin Covid-19.

Maka dari itu mumpung masih ada kesempatan, segeralah untuk divaksin,” harap Fathorrahman. Bagi Fathor, selain dapat menambah imun tubuh, mengikuti dua kegiatan vaksinasi dapat menambah keyakinan melakukan perlawanan pencegahan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang muncul di Wuhan, China tersebut. Kartika menambahkan, program peduli terhadap lansia didasari pada keyakinan bahwa kelompok masyarakat berusia lanjut merupakan pihak paling rentan dari penyebaran virus COVID 19. Dengan memprioritaskan para lansia, maka secara tidak langsung turut memberikan perlindungan yang maksimal kepada setiap keluarga dan masyarakat secara luas. Haryanto menjelaskan, untuk tahap awal, vaksinasi di industri jasa keuangan akan diprioritaskan untuk para pekerja yang paling sering berinteraksi langsung dengan nasabah, seperti teller dan customer support. Dilansir dari Science Alert, Oravax merupakan perusahaan yang kini sedang mengembangkan vaksin oral ini.

Juru bicara pemerintah sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi menegaskan pemerintah belum menetapkan harga vaksin COVID-19 yang akan digunakan. Karena itu, masyarakat diminta untuk menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengatakan harga vaksin COVID-19 mandiri atau berbayar harus terjangkau bagi masyarakat.

Biaya vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan fasilitas pelayanan swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Harapan serupa disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang. Namun, yang paling penting menurut Sarman, pemerintah sebaiknya dengan segera bisa mengeluarkan petunjuk teknis terkait vaksinasi mandiri ini. “Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,” katanya. Vaksin corona Sinovac gelombang pertama sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa penetapan dua hal tersebut dilakukan setelah pertemuanPT Bio Farma dengan produsen vaksin. Menurutnya, jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri atau gotong royong tersebut. Suara.com – Pemerintah belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, terdapat dua skema pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

Leave a Reply