Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Warganet Soroti Pertandingan Catur Dewa Kipas Dan Grand Master Irene Sukandar

Warganet Soroti Pertandingan Catur Dewa Kipas Dan Grand Master Irene Sukandar

Namun dalam pertarungan yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Deddy Corbuzier itu, Dewa Kipas langsung takluk di 3 babak berturut-turut. Karena pertandingan ini, siapa pun yang menang nanti tidak ada jeleknya untuk catur Indonesia. Dewa Kipas diblokir lantaran dituding curang atau menggunakan bot saat bermain.

deddy corbuzier main catur

Catur merupakan salah satu permainan yang asyik dilakukan di kala senggang. Meski terkesan mudah, nyatanya cabang olahraga ini memiliki kesulitan tersendiri dan tak semua orang pintar memainkannya. Dalam surat terbuka yang dirilisnya ke akun Twitter @irene_sukandar, Irene mengarakan bahwa pemberitaan Dewa Kipas akhir-akhir ini bagus untuk insan catur di Indonesia. Dewa Kipas yang sudah kalah 3-0 akhirnya tidak mau melanjutkan babak keempat setelah sebelumnya Irene unggul 2-zero di babak kedua. Usai pertandingan, Dewa Kipas mengakui kualitas yang dimiliki oleh Irene.

Irene yang sudah meraih standing Grand Master menunjukkan kualitasnya sejak awal pertandingan hingga akhirnya mengalahkan Dewa Kipas alias Dadang Subur dengan skor three-zero. ” kata Utut usai memenangkan pertandingan, dikutip dari Kompas.com.Meski begitu, Utut tetap kagum lantaran Deddy bisa tepat memprediksi posisi terakhir tiap bidak catur. Di pertandingan pertama, yaitu pada 2007, pertandingan tersebut berujung buntu karena ada perselisihan tentang aturan, para pemain pun tidak melanjutkannya. Karena memenangkan pertandingan, Irene mendapatkan uang tunai senilai Rp200 juta, sedangkan Dewa Kipas mendapatkan Rp100 juta.

Pertarungan catur antara Grand Master Irene Sukandar melawan Dewa Kipas alias Dadang Subur menyita perhatian luas dari masyarakat. Bahkan, sosok Deddy Corbuzier–yang memfasilitasi pertemuan GM Irene vs Dewa Kipas–juga tak luput dari sorotan. Setelah pertandingan usai dengan kemenangan 3-0 atas Irene Sukandar, tak lupa Deddy Corbuzier pun memberikan hadiah uang tunai yang telah disediakan. Uang ratusan juta rupiah tersebut ditempatkan di dalam tas koper kecil, yang mana itu merupakan hal baru dalam pertandingan catur. “Kalau dari segi catur, jelas bukan tantangan saya. Tapi bagaimana saya tidak terpengaruh oleh dia. Gitu aja!” ungkap Utut seusai menyelesaikan pertandingan caturnya melawan Deddy. Walaupun tidak menang dalam pertandingan tersebut, Deddy memprediksi dengan tepat posisi terakhir dari bidak catur dalam permainan tersebut.

Atas kisruh itu, Deddy Corbuzier pun menghelat pertandingan antara Dewa Kipas melawan Irene. Sebelum bertanding melawan WGM Irene, Dewa Kipas mengaku sudah tak mempunyai papan catur. Bahkan, ia mengaku sudah sekitar delapan tahun vakum bermain bidak-biak catur di atas papan hitam putih tersebut. Geram dengan berita yang beredar, Dadang Subur akhirnya menerima ajakan untuk bermain catur yang disaksikan publik.

Pasca pesohor kenamaan Deddy Corbuzier memfasilitasinya di kanal YouTube yang memiliki lebih dari thirteen juta subsciber. “Pertandingan ini bukan ajang pembuktian , hanya untuk menjalin persahabatan,” tegasnya. “Untuk Pak Dadang, apresiasi. Bagaimana pun nama catur, seperti yang kita katakan akan naik lagi,” kata Deddy saat menyerahkan uang tunai tersebut. BolaStylo.com – Deddy Corbuzier menegaskan hadiah uang tunai yang diterima Dewa Kipas alias Dadang Subur atas kekalahannya dari WGM Irene Kharisma Sukandar. Kemudian, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas, Ali Akbar, turun tangan menyatakan kalau ayahnya sama sekali tak melakukan kecurangan. Bahkan, akun Dewa_Kipas ini sempat diblokir oleh Chess.com, disinyalir karena adanya laporan dari para pengikut GothamChess yang tidak terima.

“Waktu Bapakguetanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapakguecurang,” tulis akun Ali Akbar di akun Facebook. Berdasarkan keterangan Ali, pertandingan catur dilakukan dengan durasi 5 menit. Kata Ali, saat itu sang ayah tengah major catur di platform Chess.com dan bertemu dengan Gotham Chess. Bisnis.com, JAKARTA – Irene Sukandar akhirnya mengalahkan Dadang Subur alias Dewa Kipas di pertandingan yang disiarkan langsung dari akun Youtube Deddy Corbuzier, Senin (22/3/2021). Pada pertandingan yang digelar reside streaming di kanal YouTube Deddy Corbuzier, GM Irene menang telak atas Dewa Kipas dengan skor three-zero. Pertandingan itu sedianya digelar dalam empat babak, namun Dewa Kipas tak mau melanjutkan pertandingan karena sudah kalah di tiga babak beruntun.

Hal itu sangat potensial mengingat catur tergolong olahraga yang mudah dimainkan, tidak mengenal tempat dan tidak tergantung pada waktu. Meski begitu, Fritz menilai dampak dari fenomena Dewa Kipas ini hanya akan terjadi sesaat saja. “Belum tentu membawa dampak besar terhadap dunia catur Indonesia, dan belum bisa dikatakan pasti membangun industri catur,” sebut Fritz. “Jadi perkembangan ke depan saya rasa akan terakselerasi . Untuk catur, recreation atau konten on-line pun akan semakin digemari. Sponsor juga bisa semakin tertarik,” kata Huda.

Apalagi saat dunia masih dilanda pandemi, pertandingan on-line semacam itu menjadi solusi yang jitu. Secara langsung maupun tidak, Dewa Kipas vs Irene bisa menggerakkan industri catur dan ekonomi digital secara bersamaan. Pertandingan Dewa Kipas vs Irene juga menjadi penanda penting bahwa pertandingan catur bisa diselenggarakan secara on-line dan menarik minat masyarakat, bahkan memikat sponsor dalam urusan pendanaan. Pasalnya, pertandingan tersebut memotivasi banyak orang untuk bermain dan menggeluti dunia catur. Grand Master kenamaan Indonesia yang juga Ketua Umum Percasi Utut Adianto dikabarkan terinspirasi oleh duel yang bertajuk “Pertandingan Catur Abad ini” tersebut. Tak butuh waktu lama, jumlah penonton pertandingan catur on-line antara Dewa Kipas dengan GM Irene Sukandar pun terus meningkat hingga melampaui angka 1,1 juta viewers.

Leave a Reply