7 Ideas Ibu Menyusui Hasilkan Asi Melimpah

Dilansir dari website AIMI, ibu menyusui bisa mengikuti hypnobreastfeeding untuk membantu melancarkan ASI. Artinya, otak menstimulus hormon untuk memproduksi ASI sesuai jadwal dan sebanyak yang bayi butuhkan. Syaratnya, Bunda harus konsisten melakukan rutinitas tersebut.

Sebisa mungkin Anda harus menjaga temper agar selalu nyaman dan tidak merasa stress. Padahal istirahat yang cukup adalah salah satu faktor untuk menghasilkan ASI yang banyak dan baik. namun jika terlalu sering dikeluarkan, akhirnya kelenjar susu tidak akan memproduksi banyak ASI. Produksi ASI akan disesuaikan dengan isapan yang dilakukan bayi.

Jika jadwal tersebut terlewat, coba untuk tetap memerah ASI meski hanya beberapa menit daripada tidak sama sekali. Kami akan meningkatkan kualitas layanan kami agar lebih bermanfaat. Jika Anda perokok maka berhentilah sekarang juga, apabila suami Anda merokok jangan perbolehkan untuk merokok di ruang bayi.

Saluran ASI juga dapat tersumbat dan ibu mengalami mastitis. Apalagi bagi ibu yang ingin lebih hemat waktu, gunakan Philips Avent Double Elektrik. Dengan dua corong pompa, ibu bisa pumping dua payudara sekaligus dalam satu waktu. Mendekati hari kembali bekerja, banyak ibu baru yang merasa bersalah untuk meninggalkan si bayi. Namun, tanggung jawab sebagai pekerja terkadang membuatnya harus kembali ke rutinitas bekerja setelah cuti melahirkan. Ketika ibu mengalami stres, depresi, atau kelelahan, maka produksi ASI dapat menurun drastis.

Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara memperbanyak ASI secara alami, sehingga suplemen menjadi pilihan utama. Padahal, tubuh perempuan secara alami dapat memproduksi ASI untuk mencukupi kebutuhan bayinya. Ibu yang sedang menyusui diharuskan untuk makan sahur dan berbuka puasa. Pilihan makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui seperti brokoli, bayam, katuk, kacang merah, telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Seringkali ketika berpuasa membuat tubuh manusia kekurangan cairan. Artinya, dua gelas ketika berbuka, empat gelas pada malam hari, dan dua gelas saat sahur.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Minumlah gelas air putih sehari, karena tubuh membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI. Dengan melengkapi oat bersama dengan makanan-makanan itu dipercaya ASI ibu juga akan semakin banyak serta sehat. Sampai kini ibu menganggap bila ASI banyak dapat membuat bayi sehat, tetapi sebenarnya adalah sehat atau tidaknya ASI tergantung dengan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Saat melahirkan ibu akan menemui banyak nasehat dan instruksi dari berbagai pihak terutama suami, orangtua atau keluarga.

Selain menghindari kontaminasi dengan makanan lain yang turut disimpan dalam kulkas atau freezer, cooler bag menjadi pilihan karena suhunya tidak sampai membekukan ASI. Ketika ASI hanya dingin dan tidak beku, Bunda dapat menyimpan ASIP di freezer setibanya di rumah. Wortel mengandung enzim phytoestrogens yang mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Untuk ASI lancar produksi, coba beri rangsangan pada puting dengan cara menarik lembut atau memutar perlahan. Pijatan yang membuat Anda relaks juga dapat melancarkan produksi ASI. Saat berumur satu hari, ukuran lambung bayi hanya sebesar biji kelereng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *