Agar Melahirkan Normal Dengan Lancar, Wajib Tahu Four Kebiasaan Sederhana Ini

Penting untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis metode yang digunakan untuk melahirkan, sehingga pilihan tersebut berdasarkan pengetahuan, bukan emosi atau ketakutan. Manfaatnya sama dengan posisi berdiri dengan satu kaki di atas, yaitu agar cepat melahirkan karena ada gerakan mengayun. Posisi ini bermanfaat untuk memperlebar satu sisi panggul, yaitu pada sisi kaki yang diangkat.

Langkah ini dilakukan sembari membersihkan cairan ketuban, darah, serta lendir yang mungkin menempel di mulut dan hidung bayi. Sebelum mulai mengejan dan mengatur napas kembali, gunakan waktu istirahat ini untuk menarik napas sedalam-dalamnya guna memberikan oksigen bagi tubuh Anda dan bayi. Pusatkan kekuatan kontraksi dengan sedikit mengangkat punggung sehingga kepala di posisi agak terbangun, sembari mengejan sepeti sedang mendorong sesuatu. Posisi tubuh berbaring, dengan kedua kaki ditekuk dan terbuka lebar untuk memudahkan melahirkan dengan cara normal.

Tips agar bisa lahiran normal

Bayi dengan posisi sungsang tidak dapat dilahirkan secara regular. Ibu dapat membantu mengubah posisi janin dengan cara menungging seperti waktu sujud, atau disebut juga knee-chest place . Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang ibu tak bisa melahirkan secara alami. Berikut kondisi yang sering terjadi sehingga harus dilakukan prosedur caesar.

Tahap terakhir dalam proses melahirkan secara normal adalah pengawasan. Hal ini dilakukan untuk melihat dan mengawasi apakah terjadi pendarahan pada ibu atau tidak. Bahkan setelah mengeluarkan plasenta pun ibu masih mengeluarkan darah dari vagina namun tidak banyak.

Apabila keinginan ibu untuk mendorong rendah atau hampir tidak ada, bidan atau dokter akan memandu ibu melakukan pendorongan. Dikarenakan proses pemulihan yang lebih cepat, maka ibu akan lebih cepat pula keluar dari tempat di mana ibu melahirkan baik di rumah sakit, puskemas, maupun bidan. Dalam waktu 24 hingga 48 jam, ibu dinilai cukup sehat dan dapat meninggalkan rumah sakit dengan izin dokter maupun bidan. Kurma memiliki senyawa kimia yang mirip dengan oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi. Buah satu ini pun juga telah terbukti bisa melebarkan serviks dan dengan demikian dapat membantu dalam menjalani proses persalinan yang mudah dan cepat.

Lakukan teknik pernapasan lamaze yaitu dengan menghirup napas dalam 5 detik lalu mengeluarkannya dengan ritme yang sama. Usahakan tetap aktif selama persalinan dengan mengubah posisi, bergerak, dan berjalan. Olahraga persiapan persalinan berikutnya dengan berlutut di tepi sofa atau tempat tidur. Posisi ini akan membantu bayi masuk ke posisi yang lebih baik untuk mempersiapkan kelahiran. Selain itu, duduk dalam posisi jongkok juga sangat bagus untuk memperkuat panggul dalam memperlancar persalinan. Olahraga persiapan persalinan selanjutnya dengan berlatih duduk di atas bola gym.

Tidak memiliki kondisi medis kronis yang memengaruhi tingkat keberhasilan VBAC, seperti fibroid dan plasenta previa. Penting diketahui bahwa VBAC dapat bekerja dengan baik pada wanita yang baru satu kali menjalani caesar. Proses kontraksi yang terkadang berjalan lambat bisa membuat Bunda resah. Hal ini bisa diatasi dengan mengalihkan perhatian pada hal-hal menyenangkan. Misalnya saja mendengarkan musik, membaca, atau menonton film favorit Bunda. Selain menenangkan, hiburan semacam ini juga ampuh mengalihkan perhatian Bunda dari rasa sakit saat kontraksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *