Asi Belum Keluar Usai Melahirkan, Ketahui Penyebab & Cara Mengatasi

Kemudian dokter atau perawat akan menekan fundus atau bagian atas rahim dengan lembut dari atas perut. Pijat mampu mengendurkan otot, meningkatkan sirkulasi, menurunkan hormon stres, membawa relaksasi dan menghilangkan stres. Pijat pascapersalinan membantu meningkatkan sirkulasi dan merangsang drainase limfatik untuk menghilangkan cairan dan racun dari tubuh yang menyebabkan pembengkakan. Dalam pijatan ini, teknik titik akupuntur dan herbal digabungkan untuk melancarkan aliran darah dan meredakan ketegangan otot.

Ibu pijit usai melahirkan

Terdapat four jenis vaksin yang umum digunakan untuk imunisasi bayi, yaitu polio, campak, MMR, dan hepatitis B. Selain memberi asupan gizi, menyusui juga akan mempererat ikatan ibu dan bayi. Dijelaskan bahwa perawatan tersebut bisa membuat ibu nggak merasa pening dan pusing saat begadang malam mengurus anak. Bagi Bunda yang sedang menyusui, cara paling praktis untuk memberikan ASI tentu saja dengan menyusukannya langsung melalui payudara.

Selain itu, perawatan tubuh seperti lulur juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit terasa halus dan cerah. Waktu yang tepat untuk pijat perineum yaitu menjelang persalinan, yaitu setelah usia kandungan menginjak 34 minggu ke atas. Penelitian menunjukkan, manfaat pijat perineum akan terasa terutama jika dilakukan selama 3-4 minggu menuju persalinan. “Melakukan perawatan juga penting bagi para ibu sebab bagaimanapun mereka juga butuh untuk me time sehingga membuat ibu lebih rileks. Apalagi jika melihat kulit wajahnya menjadi lebih putih, halus, dan sehat tentu akan memunculkan hormon bahagia,” ujar dokter yang juga memiliki bayi berusia 10 bulan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sepanjang kehamilan, tubuh seorang wanita mengalami begitu banyak perubahan. Hal-hal tersebut tidak jarang memicu gangguan emosi serta stres psikologis pada ibu. Salah satu cara untuk membantu para ibu melalui berbagai proses tersebut adalah dengan melakukan pijat setelah melahirkan. Melahirkan adalah sebuah proses yang melelahkan dan menegangkan bagi seorang wanita. Untuk wanita yang melahirkan secara regular, pijat tubuh bisa dilakukan beberapa hari setelah bayi lahir hingga masa nifas selesai.

Sesudahnya, perempuan boleh miring ke kanan dan kiri untuk mencegah thorombosis . Mama sebagai orangtua baru membutuhkan tidur sebanyak yang Mama bisa. Pijat dapat membantu Mama lebih rileks dan menyiapkan tubuh mama untuk tidur yang nyenyak dan memulihkan tubuh. Memicu produksi hormon oksitosin untuk melancarkan ASI saat menyusui. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ternyata hormone oksitosin berfungsi tidak hanya membantu pengeluaran ASI namun membantu proses involusi . Apabila proses involusi berjalan dengan baik maka ibu tidak mengalami perdarahan postpartum . Hal ini dikarenakan ibu setelah melahirkan mengalami kendala pengeluaran ASI. Maka berbagai usaha ibu dilakukan seperti melakukan pemijatan di sepanjang tulang belakang .

Dilansir dari laman Health Line, berikut penyebab ASI ibu yang tidak langsung keluar pasca melahirkan. Hormon penting yang berpengaruh antara lain hormon prolaktin, tiroid, insulin, oksitosin, dan kortisol. Ibu bisa memulai melakukan pumping untuk merangsang keluarnya ASI ketika tidak menyusukan langsung ke bayi sekitar 3 hari setalah kelahiran. Hal ini akan mempengaruhi peningkatan produksi ASI dan menggantikan kolostrum.

Anda melihat bentuk area bagian luar di sekitar lubang vagina Anda menyerupai bibir. Rambut lepek, berminyak dan masalah rambut rontok, acap dialami oleh para ibu setelah melahirkan. Salah satu cara untuk mengembalikan kondisi rambut agar kembali sehat adalah dengan melakukan perawatan rambut. Apabila memiliki luka bekas episiotomy pada persalinan sebelumnya, maka fokuskan untuk memijat pada daerah terebut. Jaringan parut bekas luka akibat episiotomy menjadi tidak begitu elastic sehingga memerlukan perhatian yang ekstra.

Perut kendur setelah melahirkan bisa diatasi dengan memberikan nutrisi kulit yang cukup agar bagian perut yang kendur kembali kenyal dan kencang. Biasanya nutrisi kulit ini bisa didapatkan dari makanan atau pun krim kulit. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa probiotik bisa membantu metabolisme tubuh terutama pada ibu yang baru saja melahirkan. Perut kendur setelah melahirkan bisa diatasi dengan mencukupi asupan probiotik. Bakteri baik yang terdapat pada probiotik akan menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan. ASI mengandung banyak air, dengan minum banyak air akan meningkatkan produksi ASI.

Jeruk nipis juga sangat efektif jika diminum secara langsung untuk langsing setelah melahirkan. Campurkan jeruk nipis ke dalam air hangat atau teh hangat untuk diminum rutin setiap kali sebelum Anda makan. Jeruk nipis yang kaya antioksidan, air,vitamin C dan potassium serta tinggi asam folat akan membantu untuk melarutkan dan mengurai lemak dalam tubuh. Piijat perineum ini bisa dilakukan oleh dokter, bidan atau ibu yang akan melahirkan dengan pasangan sehingga tidak segan untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *