Ini 5 Hal Yang Bikin Produksi Asi Melimpah

Setelah itu, Moms bisa melakukan pompa sesuai jadwal rutin yang biasa dilakukan. Banyak sekali Moms yang sukses merasakan hasil dari metode power pump ini setelah three hari. Namun, Moms juga bisa menunggu efeknya sampai setelah seminggu.

Bagi ibu bekerja, dr. Ameetha menganjurkan untuk selalu memompa ASI selama bekerja di kantor minimal tiga kali sehari. Karena ketika memerah ASI dengan tangan sekaligus melakukan pijatan bagi payudara yang turut memberikan stimulasi baik bagi payudara. Gizi seimbang yang dimaksud adalah dengan memvariasikan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Siapkan porsi kecil ketika makan namun dalam intensitas yang sering.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Namun, bukan berarti Anda harus menghitung jumlah kalori yang masuk, cukup makan saat rasa lapar datang. Untuk itu, ia memberikan ideas yang bisa membuat ASI kembali produksi setelah berhenti sementara waktu, agar kesehatan bayi tetap terjaga dan nutrisinya terpenuhi. Dilansir dari Alodokter, stres mungkin tidak mengurangi produksi ASI tapi ternyata dapat mempersulit proses pengeluarannya. Stres ini timbul karena berbagai faktor, mungkin karena pekerjaan lain yang masih harus dilakukan atau mendengarkan omongan-omongan tidak mengenakkan.

Isi pola makan dengan makanan untuk memperbanyak ASI seperti sayur, buah, dan biji-bijian untuk meningkatkan pasokan ASI dan menjaga kesehatan. Anda juga bisa mencoba bahan-bahan alami seperti jamu pelancar ASI. Minum banyak air putih agar tidak dehidrasi karena itu akan menghambat produksi ASI.

Dalam chia seeds terdapat zinc, vitamin B3, potasium, vitamin B1 dan B2 yang akan meningkatkan suplai ASI. Apalagi protein, serat, dan lemak omega 3 dalam chia seeds ini juga membantu melancarkan pencernaan ibu menyusui. Omega three juga membantu perkembangan otak bayi dan berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan akan mengonsumsinya atau tidak. Di samping itu, Anda juga bisa mencoba berbagai tips di atas agar produksi ASI berlimpah. Teruslah bersemangat untuk menyusui bayi, karena ASI adalah makanan terbaik bagi 6 bulan pertama kehidupan buah hati Anda. Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Seperti yang telah diketahui bersama, ibu harus menyusui sesering mungkin kapanpun bayi menginginkannya.

Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atautakut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal pemberian susu method itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu method, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan.

Bayi saya mengalami kelainan jantung bawaan dan harus di opname selama +/- forty hari di NICU. Waktu itu, saya lahiran dengan cara caesar karena atas saran dokter, bayi tidak bisa lahir normal akibat kelainan jantungnya. Selama di NICU, bayi saya tetep minum ASI melalui selang makanan dan setelah kondisi membaik minum menggunakan cup feeder. Alhamdulillah saya lahiran di salah satu RS di Jakarta yang sangat pro ASI dan IMD.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan terapi atau obat pendukung yang membantu meningkatkan produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi setiap hari. Frisomom Gold Dualcare+ juga sudah dilengkapi dengan zat besi dan kalsium. Susu ini mengandung ALA/LA yang merupakan asam lemak penting bagi perkembangan sel yang regular. Menjalani ibadah puasa sambil menjalankan kewajiban menyusui si buah hati yang masih begitu kecil memang menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang. Makanan yang Ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap produksi ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *