Mengenal Pijat Rahim, Tindakan Mencegah Pendarahan Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan tubuh membutuhkan pijatan untuk menyegarkannya kembali, tapi bolehkah segera melakukan pijatan setelah tak lama melahirkan. “Agar perawatan tubuh dilakukan secara tepat dan benar, sebaiknya pilih terapis yang sudah tersertifikasi dan memang khusus menangani perawatan postmaternity,” saran Wiwit. pascamelahirkan (3-4 bulan) untuk menunggu kondisi perut pulih dan luka membaik. Selain itu dr Ifzal juga menambahkan perempuan yang baru melahirkan tidak perlu menggunakan gurita yang terlalu kencang. Karena selama ini belum terbukti secara ilmiah penggunaan atau manfaat dari gurita tersebut. dr Ifzal menuturkan selama perempuan masih mendapatkan menstruasi, maka rahim akan digantung oleh ligamen-ligamen dengan posisi yang kuat.

Kondisi ini umumnya terjadi pada 10-15% wanita yang baru melahirkan. Jika Anda mulai mengalami kecemasan, stres, dan emosi tinggi, cobalah untuk melakukan pijatan. Apabila gangguan ini tidak hilang setelah melakukan pijatan, Anda membutuhkan psikoterapi dan obat-obatan resep. Senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah pada wanita setelah melahirkan. Senam ini juga bisa dilakukan oleh pria untuk meningkatkan performa seksual mereka. Jika Anda melahirkan melalui operasi caesar, konsultasikanlah dengan dokter Anda tentang petunjuk mandi dan berendam yang tepat.

TRIBUNNEWS.COM -Usai melahirkan, tugas ibu berlanjut untuk menyusui Si Kecil. Bahan-bahan oil selama pijatan biasanya ditujukan pada aroma yang menenangkan agar ibu melahirkan juga lebih merasa segar. Untuk hasil maksimal ibu melahirkan bisa melakukan pijatan rutin hingga dua bulan setiap seminggu sekali. Sekarang Moms adalah seorang ibu dan harus merawat Si Kecil, tapi penting juga bagi Moms untuk merawat diri agar lekas pulih usai melahirkan.

Ibu pijit usai melahirkan

Jika Moms bersedia bersusah-susah pada minggu-minggu sebelum persalinan, pijatan perineum mungkin bisa membantu membuat dasar panggul Moms siap untuk lahir. Ini akan melepaskan dan mendistribusikan lemak dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme, sehingga membantu Anda membuang lemak bayi. Jadi, yang terbaik adalah Anda berlatih meditasi, ini akan membantu Anda fokus, meminimalkan kebisingan latar belakang, melepaskan energi negatif dari sistem Anda, dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Ini juga meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik atau usus. Dengan selalu berpikir positif, maka hati dan perasaan Bunda akan lebih tenang sehingga terhindar dari stres dan dapat tampil dengan lebih bugar atau contemporary. Karenanya, untuk mengejar waktu istirahat, tidurlah saat bayi sedang tidur.

Beberapa ibu bahkan terlihat seperti hamil 6 bulan setelah melahirkan. Jahitan usai melahirkan secara caesar juga akan menimbulkan rasa nyeri selama beberapa waktu. Untuk mengatasi rasa sakit akibat jahitan, baik dari proses persalinan regular maupun caesar, Anda juga bisa meminta obat pereda nyeri kepada dokter. Selain membantu meredakan nyeri payudara, terapi pijat dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan produksi ASI.

Hindari juga mengkonsumsi junk meals untuk menghindari timbunan lemak baru setelah melahirkan. Tak bisa dipungkiri jika perut kendur setelah melahirkan adalah hal yang harus dihadapi oleh sang ibu. Bahkan tubuh wanita yang baru saja melahirkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali ke bentuk best semula sebelum mereka mengalami kehamilan. Tak heran jika masalah perut kendur setelah melahirkan ini menjadi salah satu fokus utama sang ibu untuk menjalani berbagai macam solusi agar bentuk tubuh kembali seperti semula.

Konsultasikan dengan dokter anda apakah suplementasi perlu dilakukan. Untuk membantu mempercepat proses tersebut, Anda disarankan untuk menyusui, membengkung perut, rajin berolahraga, dan menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Rahim mengalami perubahan besar selama seorang wanita mengandung dan melahirkan. Maka salah satu perawatan setelah melahirkan yang banyak dilakukan para ibu usai melahirkan yaitu pijat payudara. Gejala postpartum blues akan menghilang beberapa jam atau beberapa hari, minggu atau bulan bahkan dapat berkembang menjadi keadaan yang lebih berat.

Melakukan pijat setelah persalinan tentu dapat menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membuat badan lebih rileks. Beberapa kandungan pada tanaman natural untuk membuat jamu seperti kencur dan temu giring dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin untuk mendukung produksi ASI. Kelahiran prematur, ketika bayi terpisah dengan ibu aktifitas menyusui langsung tidak cukup intens dilakukan. Menyusui dapat membakar banyak kalori sekaligus membantu supaya proses penyusutan rahim terjadi lebih cepat.

Kemudian proses pemijatan dilakukan searah jarum jam selama 15 menit. Kemudian puting payudara juga dibersihkan agar proses pengeluaran ASI jadi lebih lancar. Jika dilakukan secara intens dua hari sekali, hal ini berguna untuk merangsang produksi ASI lebih banyak lagi. Pemakaian bengkung untuk ibu melahirkan yang caesar juga sangat penting agar perut tidak goyang. Disamping pijatan tubuh, ibu melahirkan juga perlu melakukan breast massage atau pijatan payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *