Moms, Ini Panduan Pijat Setelah Melahirkan

Selain itu, hindari makanan manis dan berlemak yang tidak memiliki kandungan gizi untuk Anda dan bayi. Spa ini juga menawarkan program whole yang mengobati edema, nyeri, dan lekukan tubuh yang hilang setelah melahirkan. Dari pijat kulit kepala untuk mencegah kerontokan rambut setelah melahirkan hingga perawatan wajah dan detoksifikasi, program total ini menawarkan perawatan sistematis. Wajar jika ibu merasa sedikit lelah — tidak heran — Anda baru saja melahirkan! Bahkan dalam situasi terbaik, persalinan memang dapat membuat Anda lelah mental dan fisik.

Ibu pijit usai melahirkan

Saat melakukan pijat masa nifas, mintalah terapis atau ahli pijat untuk menghindari bagian perut, terutama area sekitar luka operasi caesar. Sekitar 5-6 enam minggu pasca persalinan, umumnya bagian dalam luka sudah mulai mengalami penyembuhan sehingga di waktu ini Anda dapat mulai melakukan pijatan ringan dan lembut di space perut. Dukungan emosional dan melakukan pijatan merupakan hal yang dapat membantu selama transisi ini.

Untuk merasakn salah satu manfaat potensial dari pijat ini, Moms harus melakukan pijatan perineum secara teratur selama empat hingga enam minggu terakhir kehamilan. Pijat bisa menjadi sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengeluarkan keringat di health club. Dapatkan pijatan yang menargetkan perut Anda dan membantu mengurangi lemak perut. Selain berolahraga dan yoga, ibu harus mendapatkan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan regular yang tidak boleh dilupakan.

Namun, usahakan cara tersebut menjadi opsti terakhir ketika semua cara sudah maksimal dilakukan. Pastikan selalu mengosongkan payudara, skin to skin dengan bayi juga akan membantu meningkatkan produksi ASI. Memijat payudara penting dilakukan oleh ibu, aktifitas ini bisa merangsang produksi ASI. Selama kehamilan plasenta memiliki peran penting dalam produksi ASI.

Seusai melahirkan, perut tersebut tidak serta merta bisa kembali ke bentuk sebelum kehamilan karena memang sudah mengalami perubahan bentuk. Selain dapat meredakan rasa nyeri, pijat setelah melahirkan juga dapat mempermudah proses menyusui. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberikan asupan nutrisi kulit terpenuhi.

Selain sentuhan, banyak pijatan yang melibatkan minyak esensial dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang dan dapat mendorong keseimbangan hormon. Jika Mama menemukan bahwa tubuh mama membengkak setelah persalinan, memijat dapat membantu mendistribusikan ulang air di dalam tubuh dan mendorong pengeringan dan sirkulasi cairan berlebih. Jika Mama mengalami penyumbatan darah pada kehamilan mama atau sebelumnya, dokter mama kemungkinan akan merekomendasikan untuk menghindari pijatan. Jangan lupa periksa dengan dokter kapan Mama sudah bisa dan aman untuk melanjutkan pijatan.

Selain dengan melakukan pijat perineum bagi ibu hamil, untuk perempuan dan laki-laki juga harus menjaga kebersihan area tersebut. Makan makanan berserat tinggi dan minum banyak air untuk mengurangi kejadian sembelit. selain itu, hindari memijat terlalu keras, karena dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang sudah membanjiri darah.

Sebaliknya dengan meningkatkan minum air putih dapat membantu proses metabolism lebih baik. Latar Belakang Sakit yang dialami setelah melahirkan terkadang menjadikan ibu submit partum malas menyusui bayinya, hal ini dapat menyebabkan produksi ASI menjadi tidak lancar. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh perawatan payudara dan pijat oksitosin terhadap produksi ASI pada ibu submit partum. Aktivitas alami yang dilakukan ibu selama menyusui adalah menggendong bayi. Tak sekedar membangun bonding dan menidurkan anak, ternyata sering menggendong anak juga efektif dalam mengatasi perut kendur setelah melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *